Air terjun Batu Raja di Galis, Bangkalan

Banyak destinasi wisata yang indah di Pulau Madura, tapi masih jarang sekali wisatawan yang tahu. Di Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura, ada Air Terjun Manetan Batu Raja yang menawan. Berletak di Desa Banyubunih, tersimpan destinasi yang sangat indah.

Dengan perjalanan sekitar 30 km dari Kota Bangkalan, wisatawan dapat menemukan Air Terjun Manetan Batu Raja. Meski jaraknya yang cukup jauh dari pusat Kota Bangkalan, namun wisatawan tak perlu khawatir untuk bisa sampai ke sana. Karena akses jalan yang dilalui cukup baik dan aman.

 

Perjalanan menuju Air Terjun Manetan Batu Raja untuk saat ini dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi. Sedangkan jika menggunakan transportasi umum hanya ada sampai Kecamatan Galis saja, oleh sebab itu disarankan menggunakan kendaraan pribadi, khususnya sepeda motor.

Bagi wisatawan yang berada di luar Pulau Madura bisa melewati akses Jembatan Suramadu, lalu setelah tiba di pertigaan Tangkel wisatawan harus belok kanan ke arah Kabupaten Sampang. Dari sana wisatawan akan melewati beberapa kecamatan, diantaranya Burneh, Tanah Merah dan Galis. Ketika tiba di Galis, setelah melewati Pasar Galis, wisatawan tinggal belok kiri ke arah Desa Banyubunih.

Jika sudah sampai di Desa Banyubunih, wisatawan tinggal bertanya pada warga lokal lokasi Air Terjun Manetan Batu Raja berada.

Perjalanan menuju Air Terjun Manetan Batu Raja akan disambut oleh pemandangan alam yang indah. Wisatawan akan melewati perbukitan dengan padang ilalang yang penuh rerumputan. Namun, akses jalan ini hanya bisa dilalui oleh sepeda motor.


Air terjun ini tidak terlalu tinggi. Terdapat batu raja atau batu besar yang menjadi tempat aliran air. Wisatawan bisa mendaki dan naik ke batu raja tersebut. Saat akan mendakinya wisatawan tidak perlu khawatir tergelincir. Bebatuan yang ada di sana tidak ditumbuhi oleh lumut, sehingga tidak licin dan cukup aman untuk dipijak. Wisatawan bisa bersenang-senang di salah satu destinasi wisata air terjun tersebut.

Di sana wisatawan bisa berenang sekaligus bermain air. Aliran airnya tidak terlalu deras sehingga cukup aman jika ingin bermain air di dekat air terjun. Selain itu, air yang mengalir cukup bening dan dingin. Tentunya akan terasa menyegarkan jika wisatawan berbasah-basahan di air terjun ini.

Air Terjun Manetan Batu Raja di Pulau Madura namanya mungkin tidak setenar Air Terjun Toroan yang berada di Kecamatan Banyuates. Seperti wisatawan ketahui, jika Air Terjun Toroan berhadapan langsung dengan laut lepas.

Berbeda dengan Air Terjun Manetan Batu Raja yang berada di lokasi yang masih banyak ditumbuhi pepohonan hijau yang rindang. Suasana di sekitar air terjun juga terasa sangat sejuk dan tenang, karena letaknya jauh dari jalanan yang bising.


Untuk mengunjungi Air Terjun Manetan Batu Raja wisatawan tidak akan dipungut biaya sepeser pun, karena destinasi wisata ini belum tersentuh pemerintah daerah setempat. Fasilitas umum yang dapat wisatawan gunakan saat berkunjung juga masih minim. Hanya ada warung-warung milik warga lokal yang bisa wisatawan manfaatkan untuk mengisi perut setelah puas bermain air.

Meskipun fasilitas umumnya masih sangat minim, namun jangan khawatir karena pemandangan alam yang menawan dari air terjun ini tidak akan mengecewakan.

Air Terjun Manetan Batu Raja masih alami dan terjaga kelestariannya, jadi apabila wisatawan berkunjung ke sana jangan lupa untuk membawa kembali sampah yang dibawa dan tidak merusak alam sekitar demi kelestarian alamnya di masa mendatang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *