Gua Mahakarya di Sumenep

Gua Mahakarya di Semenep ditemukan pada tahun 2014 oleh warga sekitar, pada awalnya gua ini bernama Gua Celeng, akan tetapi dikarenakan sempat dijadikan sebagai tempat persembunyian babi hutan.  Nama Mahakarya sendriri merupakan nama yang diberikan oleh warga sekitar, setelah gua tersebut ditinggalkan sang Celeng(babi hutan). Keindahan batu stalaktik dan stalakmitnya yang masih hidup  pada pada Gua Mahakarya , membuat orang yang berkunjung kesana pasti akan takjub ketika meilhat sebagian dari dinding gua berkelap-kelip terkena oleh cahaya. Ukuran Gua Mahakarya sendiri cukup panjang dan masih alami, dengan memberikan sebuah sensasi petualangan yang sangat menantang tentunya.

Mempunyai kadar kandungan oksigen yang cukup tinggi sekitar 27 persen setelah kawasan laut mati yang ada di Yordania membuat Gilli Iyang  sangat tepat sekali untuk dijadikan sebagai salah satu destinasi objek wisata anda. Selain mempunyai pemandangan yang sangat indah, diam-diam Gilli Iyang juga menyimpan surge yang tersembunyi lainnya disana.

Objek wisata Gua pun menjadi favorit bagi para wisatawan, baik bagi wisatawan lokal ataupun wisatawan mancanegara. Dan gua yang saat ini menjadi favorit yang ada di Gilli Iyang yaitu Gua Mahakarya. Gua Mahakarya sendiri berada di desa Banraas atau sekitar 3 km dari tepi pantai Gili Iyang.

Gua Mahakarya ini mempunyai luas yang lumayan besar kurang lebih 800 meter persegi dan terbagi menjadi 7 ruangan yang bisa anda kunjungi dan nikmati. Penerangan dari Gua Mahakarya sendiri berasal dari bantuan dari Mahasiswa ITS dengan mengandalkan tenaga matahari . Luasnya Gua Mahakarya sendiri menjadikan sirkulasi udara menjadi sangat teratur sehingga membuat kita bisa bebas bernafas dan bergerak. Dengan beberapa bebatuan stalaktik dan stalakmit yang masih aktif menetes serta menghasilkan bebatuan dan ornamen yang baru. Dan di dalam Gua Mahakarya juga dapat ditemukan bebatuan yang bersinar karena pada Gua Mahakarya mengandung butiran-butiran kecil yang jika terkena sinar akan memancarkan kilau yang sangat indah.

Selain itu juga di dalam Gua Mahakarya terdapat bebatuan yang mempunyai bentuk yang sangat unik, seperti bebatuan yang berjejer. Dan ada juga bebatuan yang berbentuk seperti Naga yang sangat indah sekali. Kalau anda atau teman-teman yang ingin berkunjung ke Gua Mahakarya disarankan untuk menggunakan  jasa paket tour Gili Iyang saja, kenapa? ini karena jika menggunakan paket tour Gili Iyang anda bisa mendapatkan pemandu atau guide yang bisa membantu anda dalam menelusuri serta melihat keindahan Gua Mahakarya, karena dengan adanya pemandu atau guide bisa membuat perjalanan wisata anda lebih aman dan nyaman.

Di dalam Gua Mahakarya anda bisa melihat pemandangan yang sangat indah sekali tepat di ujung Gua Mahakrya akan ada tumpukan batu-batu yang menjulang ke atas yang disinari langsung oleh cahaya matahari yang masuk menembus ke dalam gua. Dan jangan sampai lupa untuk mengabadikan momen tersebut lewat kamera ponsel atau kamera pribadi anda.

Gua Mahakarya sendiri saat ini sudah menjadi salah satu wisata favorit bagi para wisatawan atau para pelancong jika berkunjung ke Pulau Madura. Dan jika inging perjalanan anda menjadi lebih nyaman dan aman ketika berkunjung ke Gua Mahakarya yang ada di Gilli Iyang  Sumenep Madura, ada baiknya menggunakan paket tour Gili Iyang saja, karena jika menggunakan paket tour Gili Iyang anda akan mendapatkan pemandu yang bisa membantu anda dalam menikmati keindahan dari Gua Mahakarya. Dan juga selain mendapatkan pemandu jika menggunakan paket tour Gilli Iyang, untuk transportasi serta makan siang pun sudah disiapkan jadi perjalanan anda bersama keluarga, teman ataupun pasangan anda pun menjadi sangat menyenangkan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *