Karapan Sapi dan Liga Kompetisi nya

Kita harus bangga menjadi Rakyat Indonesia. Negara yang mempunyai banyak sekali keanekaragaman budaya serta bahasa. Dan salah satunya budaya yang berasal dari Pulau Madura yaitu Karapan Sapi. Apakah ada yang tau apa itu Karapan Sapi? Karapan Sapi adalah istilah untuk perlombaan pacuan sapi yang berasal dari Pulau Madura ini. Yaitu sepasang sapi yang menarik sebuah kereta dengan joki yang berada diatas yang mengendalikan sapi tersebut, lalu dipacu untuk berlari secepat mungkin sampai ke garis finish dengan jarak 100 meter untuk mengalahkan pasangan sapi yang lainnya.

Pada awalnya Karapan Sapi adalah sebuah acara pesta seperti adu balap yang sebagai medi kendaraannya  yaitu sapi. Acara pesta yang diadakan setelah mendapatkan hasil panen dari pertanian. Karena dulunya petani menggunakan sapi untuk  membajak sawahnya. Dan untuk saat ini acara Karapan Sapi ini sudah menjadi acara pesta rakyat di Pulau Madura yang selalu diadakan tiap tahun, baik dalam acara besar nasional ataupun acara besar untuk perorangan. Seperti pada Hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia, ataupun acara besar yang lainnya. Dan untuk acara besar perorangan biasanya acara tradisi khas dari masyarakat Madura ini selalu diadakan kalau ada masyarakat Madura yang  menjadi sukses yang bisa mengangkat status social dia. Baik dari segi hasil panen pertanian, ekonomi, perkebunan ataupun di bidang yang lainnya. Tujuan sendiri yaitu untuk memberikan sebuah rasa kegembiraan setelah mendapatkan suatu kesuksesan.

Suatu hal yang terjadi dalam Karapan Sapi yaitu sebuah gengsi bagi para para peserta lomba yang mengikuti adu Karapan Sapi. Biasanya bagi pemilik yang akan mengikuti lomba Karapan Sapi ini biaya yang dikeluarkan lumayan besar, bisa mencapai jutaan rupiah uang yang harus dihabiskan untuk melatih serta merawat sapinya.  Dan sapi yang akan diikutkan lomba pun harus dijaga makanan dan minumannya. Dan biasanya sapi-sapi yang akan mengikuti lomba Karapan Sapi diberikan jamu-jamuan serta mantra atau doa khusus agar dapat mengalahkan pasangan sapi yang lainnya dalam lomba Karapan Sapi.

Dalam sebuah liga kompetisi Karapan Sapi di Pulau Madura biasanya sapi-sapi yang akan diikutkan ke dalam lomba Karapan Sapi diarak terlebih dahulu mengelilingi arena Karapan Sapi dengan diiringi music khas yaitu Gamelan dari Madura atau sering disebut oleh masyarakat Madura Saronen. Dengan sering di adakannya pesta rakyat Karapan Sapi ini bisa mendapatkan banyak keuntungan karena banyak para pengunjung yang menonton membeli makanan ataupun barang-barang khas yang ada di acara pesta Karapan Sapi. Dan tidak bisa dipungkiri bahwa acara pesta rakyat Karapan Sapi di Madura ini seudah menjadi salah satu pilihan wisata bagi para pelancong ataupun wisatawan ketika berkunjung ke Pulau Madura.

Dalam kompetisi Karapan Sapi di bagi menjadi beberapa babak. Pada babak pertama merupakan babak penentuan kelompok yang menang serta yang kalah. Dimana pada babak ini semua peserta Karapan Sapi mendapatkan giliran berlomba dalam lomba Karapan Sapi. Sehingga terdapat kelompok yang menang serta yang kalah. Setelah itu dilanjutkan babak kedua dimana pada babak kedua ini akan menentukan juara dari setiap kelompok yang kalah. Dan pada babak terakhir merupakan babak ketiga yaitu penentuan pemenang dari setiap kelompok yang menang.

Dengan adanya kompetisi Karapan Sapi yang ada di Pulau Madura, sudah dijadikan sebagai salah satu objek wisata pilihan bagi para pelancong ataupun para wisatawan ketika berkunjung ke Pulau Madura. Karena setiap kali diadakannya pesta rakyat yaitu kompteisi Karapan Sapi ini selalu ramai didatangi oleh pengunjung baik pengunjung local ataupun luar daerah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *