Menariknya Air Terjun Kokop

Hai! Sudah tahukah Anda, bahwa Madura yang kaya akan pantai dan tidak memiliki gunung, ternyata memiliki air terjun yang sangat indah?

Jika Anda sudah tahu mengenai air terjun Toroan yang ada di Kabupaten Sampang, kali ini kita akan membicarakan bagaimana menariknya Air Terjun Kokop yang ada di Kabupaten Bangkalan.

Air terjun Kokop ini terdapat di Desa Durjan, Kecamatan Kokop, Bangkalan, Madura. Air terjun yang merupakan obyek wisata alam ini letaknya kira-kira 60 km dari Kota Bangkalan, atau sekitar 2,5 jam perjalanan.

Jalan menuju air terjun ini cukup berbatu, tapi pemandangannya indah. Yaitu alam terbuka dengan bukit-bukit kecil, sawah dan ladang milik penduduk setempat.

Sepanjang perjalanan, penduduk yang berpapasan juga ramah dan bersahabat. Ya, mereka sudah tahu, wajah-wajah asing yang kelihatan penasaran dengan obyek wisata air terjun yang mereka miliki bersama.

Dari Kota Bangkalan, rute yang harus kita lewati adalah Kecamatan Arosbaya, Kecamatan Klampis, Kecamatan Sepuluh dan Kecamatan Tanjung Bumi.

Melewati sawah menuju Air Terjun Kokop

Kemudian dari sini kita ke arah selatan untuk mencapai lokasi Air Terjun Kokop. Tentunya dengan jarak yang lumayan jauh dan medan yang cukup berat; bebatuan, jalan yang belum diaspal dan naik turun, bikin cepat lelah, perjalanan harus dilakukan dengan kendaraan sendiri.

Maksudnya, tidak ada kendaraan umum dengan trayek yang langsung ke lokasi ini. Ya, minimal dengan sepeda motor, kalau bukan dengan mobil off road agar lebih mumpuni.

Air terjun Kokop ini lumayan tinggi. Yaitu 10 meter dari permukaan tanah. Airnya dingin, ditambah hawa di Air Terjun Kokop yang sejuk segar, kita pastinya akan merasakan suasana yang beda sekali dengan pantai di Pulau Madura ini.

Yup, Madura sudah begitu terkenal sebagai pulau yang panas, mungkin gersang karena kaya akan kehidupan pesisir. Sementara wilayah di pedalaman dari pulau penghasil garam terbedar di indonesia ini, memang sedikit kurang dieksplor dan dipasarkan industri pariwisatanya.

 

Padahal di bidang pariwisata, Pulau Madura memiliki potensi yang sangat besar, lho. Jadi, jika Pemerintah daerah Kabupaten Bangkalan membaca tulisan ini, sepertinya inilah PR kita bersama.

Balik lagi ke topic pembicaraan: Air Terjun kokop. Lalu, di kawasan air terjun ini juga terdapat bebatuan kecil, akar pohon besar yang menembus bebatuan, dan ganggang tanaman lumut.

Semua itu berpadu, menciptakan keunikan alam yang begitu alami dan harmonis. Tidak hanya indah, tapi juga menyegarkan tubuh dan pikiran, pasti.

Inilah menariknya Air Terjun Kokop. Jadi memang tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri kalau hanya untuk mencari tempat wisata yang merilekskan, karena di Bangkalan saja sudah ada. Meskipun letaknya terpencil dan namanya seperti kurang digaungkan.

Asyiknya mengunjungi air Terjun Kokop tentu tidak dengan pergi sendirian. Selain jalannya yang lumayan jauh, juga karena Air Terjun Kokop adalah kawasan yang lumayan berisiko.

Kecuali jika melakukan wisata perjalanan ke air terjun ini sudah ada guide yang bisa dipercaya. Sepertinya tempat ini memang baru diperlakukan sebagai tempat unik, milik bersama penduduk di Desa Durjan. Masih alami.

Datanglah bersama beberapa orang teman, atau saudara, nikmati suasana sejuk dan alami, dengan tetap menjaga kebersihan kawasan. Jika ternyata tidak ditemukan tempat sampah, kita bisa menyimpan bungkus makanan kita dalam tas sebelum dibuang di tong sampah terdekat.

Menyayangi alam yang bersih, atau setidaknya tidak menambah sampah di mana-mana merupakan kebutuhan batin bagi orang yang benar-benar menyukai alam, dan menikmati alam.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *