Pantai Batu Kerbuy

Pantai Batu Kerbuy, secara administratif berada di Desa Batu Kerbuy Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan, Madura. Pantai ini merupakan hamparan batu karang dengan luas kira-kira 5 hektar.

Pantai ini terletak di 45 km sebelah Utara Kota Pamekasan. Dengan kata lain, Pantai ini membentang, berdampingan dengan pantai-pantai sebelah Utara Pulau Madura. Dari pusat Kota Pamekasan hanya dibutuhkan sekitar 30 sampai 40 menit untuk sampai ke pantai ini.

Pengunjung dari luar Madura yang ingin berlibur ke pantai ini dapat masuk melalui Jembatan Suramadu. Atau bisa juga menyeberang dari Pelabuhan Tanjung Perak – Surabaya ke Pelabuhan Kamal – Bangkalan dengan menumpang kapal ferry. Lalu dilanjutkan dengan naik kendaraan umum ke pantai ini.

Sekadar info, asal muasal nama Batu Kerbuy berasal dari sebuah batu yang menyerupai kerbau, yang letaknya sekitar 8 km dari pantai. Menurut legendanya, konon batu ini dulunya adalah seorang manusia yang berubah menjadi seekor kerbau.

Wisata Pantai Batu Kerbuy
Daya tarik utama dari pantai ini adalah karang yang tersebar di sepanjang pantainya. Selain itu terdapat pepohonan cemara udang dengan tempat duduk di bawahnya.

Dengan demikian pengunjung bisa berteduh dari panasnya pantai pada siang hari. Pasirnya yang halus dan berwarna putih, dan lautnya yang masih berwarna biru jernih, juga menambah kecantikan dan kesegaran Pantai Batu Kerbuy yang masih alami ini. Menjadikan pantai ini destinasi yang tepat untuk melepas rasa jenuh.

Pada hari biasa, yaitu selain hari libur, Pantai Batu Kerbuy memang biasanya sepi. Pantai ini akan ramai biasanya pada akhir pekan, dan pada musim libur sekolah. Lokasi pantai yang jauh dari keramaian kota sangat cocok untuk beristirahat, menghindar dari kesibukan. Banyak wisatawan yang datang betah berlama-lama di pantai.

Ombak di Pantai Batu Kerbuy memang relatif tenang. Ditambah kondisi air lautnya yang biru jernih, para penggemar olahraga menyelam tentu cocok untuk melakukan hobinya di sini, baik untuk diving atau sekadar snorkeling.

Untuk aktivitas itu, Anda harus membawa perlengkapan sendiri. Karena di pantai ini sepertinya belum ada yang menyewakan alat-alat untuk menyelam. Tapi di pantai ini, kita bisa menyewa speedboat untuk keliling pantai. Biaya sewa speedboat kira-kira Rp 250.000 per hari, jika belum ada perubahan.

Sebagai pantai daerah tropis, sudah pasti suhu udara dan sinar mataharinya menyengat sepanjang tahun. Maka dari itu, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya alias sunblock di seluruh permukaan kulit. Tujuan menggunakan sunblock untuk meminimalisir kemungkinan kulit kita terbakar, dan mencegah kanker kulit. Apalagi jika Anda suka berjemur.

Berkemah Di Pantai Batu Kerbuy
Ada baiknya, berlibur ke pantai ini Anda tidak sendirian. Tapi beramai-ramai dengan beberapa orang teman. Selain seru, juga untuk saling menjaga. Apalagi jika Anda datang dari luar Madura. Jarak yang lumayan jauh, terkadang sayang jika singgah hanya sebentar saja.

Beramai-ramai dengan teman atau saudara, Anda juga bisa menginap dengan memasang tenda dan api unggun. Selain irit biaya sewa penginapan, acara berlibur juga jadi seru. Menikmati suasana pantai malam hari, mengelilingi api unggun sambil makan. Tentu urusan bekal harus dipikirkan baik-baik.

Untuk urusan makanan dan cinderamata dari tempat ini, Anda dapat memperolehny di Pujasera, yaitu Pusat Jajanan Serba Ada yang ada di Jl. Niaga Kota Pamekasan. Berbagai makanan khas Madura tersedia di kawasan ini. Jadi Anda tak perlu khawatir tidak ada makanan lagi. Bagaimana?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *