Pantai Sembilan di Gili Genting

Pulau Madura, kebanyakan orang mungkin mengenal pulau ini dengan Karapan Sapi atau Bebek Sinjay-nya. Tapi, apakah Anda tahu kalau Pulau Madura sebenarnya punya banyak potensi lainnya? Ya, sebagai pulau yang terpisah dari Pulau Jawa, Pulau Madura memiliki potensi keindahan alam yang belum diketahui orang banyak. Salah satunya yang belakangan ini sering diperbincangkan adalah Pantai Sembilan.

Pantai Sembilan terletak di Kabupaten Sumenep, Pulau Madura. Lokasi Pantai Sembilan berada di Desa Bringsang. Desa yang terletak di sebuah pulau bagian dari Madura, yaitu Pulau Gili Genting.

Pantai yang sedang naik daun ini merupakan pantai yang unik. Keunikan dari pantai ini yaitu karena memiliki pemandangan yang berbeda dari pantai pada umumnya. Di bibir pantainya terdapat cekungan pasir yang jika digenangi air akan menyerupai angka 9.

Namun pola angka 9 tersebut akan muncul hanya saat air laut sedang pasang. Hal itu pula yang menjadi asal-usul kenapa pantai ini disebut sebagai Pantai Sembilan.

Dahulu Pantai Sembilan merupakan sebuah pelabuhan kecil yang digunakan perahu-perahu penyebrangan yang menghubungkan Pulau Gili Genting dengan pulau lainnya. Namun kini Pantai Sembilan telah berubah drastis menjadi salah satu destinasi wisata baru di Sumenep.

Dengan adanya Pantai Sembilan sebagai pantai wisata, dapat membantu kondisi perekonomian masyarakat Gili Genting dan sekitarnya.

Pantai Sembilan memiliki panorama alam yang cantik. Ketika pertama kali menginjakkan kaki, wisatawan akan disambut oleh hamparan pasir putihnya.

Suara gulungan ombak serta angin yang berhembus sepoi-sepoi sangatlah cocok dinikmati untuk bersantai. Apalagi pantai ini punya keunikannya tersendiri. Pada hamparan pasir putihnya terdapat sebuah cekungan yang akan terisi air ketika pasang. Genangan air yang terperangkap tersebut akan membentuk angka 9.


Tidak hanya unik dari permukaannya, keindahan Pantai Sembilan terpancar juga dari bawah lautnya. Gugusan terumbu karang yang masih asri dan sehat menjadi pelengkap keindahan Pantai Sembilan yang eksotis.

Pesona Pantai Sembilan ini merupakan salah satu destinasi wisata terbaru di Sumenep. Meski jaraknya cukup jauh dari kota-kota besar, tapi daya tariknya mampu memikat para pejalan.

Jika cuaca cerah, pada sore hari wisatawan dapat bersantai di pinggir pantai sambil menyaksikan momen matahari tenggelam. Sedangkan pada malam hari, khususnya hari sabtu malam minggu, Pantai Sembilan tidak kalah ramai dengan pantai ternama lainnya.

Wisatawan akan dihibur dengan atraksi musik yang dipertunjukkan oleh pemuda dari Desa Bringsang. Atraksi musik ini dilakukan atas inisiatif mereka sendiri secara sukarela. Dengan adanya atraksi musik yang mereka mainkan membuat suasana pantai menjadi lebih hidup.

Keberadaan Pantai Sembilan sudah mulai ramai diperbincangkan di media sosial. Hal itu tak lepas disebabkan oleh keunikan pantainya. Kemudahan akses transportasi juga menjadi poin plus tersendiri bagi pantai yang terbilang baru ini.

Akses utama untuk menuju Pantai Sembilan merupakan rute yang dilewati setiap hari oleh masyarakat Madura, khususnya bagi warga Gili Genting yang hendak ke Sumenep ataupun sebaliknya.


Dari Surabaya, wisatawan dapat menggunakan sepeda motor pribadi untuk menuju ke Pelabuhan Saronggi Sumenep. Perahu penyebrangan ke Gili Genting tidak hanya memuat penumpang saja, melainkan dapat mengangkut sepeda motor juga. Sehingga tidak perlu repot untuk menyewa kendaraan ketika telah tiba di Gili Genting.

Biaya penyebrangan ke Gili Genting cukup murah. Dengan biaya Rp. 10.000, wisatawan dapat menyebrang ke Gili Genting menggunakan perahu motor. Jadi, biaya yang keluar untuk pulang-pergi hanya Rp. 20.000.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *