Tips Mengatasi Mabuk Laut dalam Perjalanan Laut

Sebagai salah satu kepulauan yang sangat luas, Indonesia sudah pasti memiliki banyak sekali lautan yang dapat dijelajahi.

Kapal laut atau perahu sampai saat ini masih menjadi salah satu model transportasi yang dapat diandalkan untuk berpergian antar pulau. Sama seperti moda transportasi lainnya, kapal laut atau perahu memiliki resikonya tersendiri, salah satunya yang dapat muncul adalah mabuk laut.

Seperti mengalami mabuk darat (perjalanan jalur darat) dan mabuk udara (perjalanan naik pesawat), mabuk laut juga dapat terjadi ketika perjalanan melalui jalur laut. Mabuk laut dapat terjadi karena adanya ketidakseimbangan cairan di dalam telinga yang bertugas mengatur keseimbangan tubuh.

Mabuk laut bukanlah sebuah masalah berarti bagi mereka yang sudah terbiasa melakukan perjalanan laut. Namun, bagi mereka yang tidak terbiasa akan terasa sangat mengganggu.

Mabuk laut dapat menyebabkan gejala seperti mual, muntah, pusing, pening bahkan hingga pingsan.
Meski begitu, bagi anda yang tidak terbiasa melakukan perjalanan laut, tidak perlu khawatir. Karena mabuk laut dapat dicegah bahkan dengan cara yang sangat sederhana.

Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah dan mengatasi mabuk laut:

1. Makan dengan porsi secukupnya

Isilah perut dengan makanan agar sebelum melakukan perjalanan laut. Karena perut yang kosong akan dengan mudah terisi angin dan akhirnya akan memicu mabuk laut dan mengakibatkan rasa mual selama perjalanan. Jangan lupa untuk makan makanan yang sehat dan porsi secukupnya.

2. Minum air untukmenghindari dehidrasi

Faktor lain yang menyebabkan munculnya mabuk laut adalah dehidrasi. Sebelum pergi berlayar cukupilah kebutuhan air untuk tubuh, karena kekurangan cairan dapat memicu rasa pusing.

3. Istirahat yang cukup

Untuk menjaga kondisi tubuh terutama untuk mencegah masuk angin maka sebelum berangkat disarankan untuk tidur yang cukup. Paling tidak 1 – 2 jam, karena salah satu faktor yang dapat maenyebabkan mabuk laut adalah kelelahan.

4. Minum obat anti mabuk

Sebelum berpergian menggunakan kapal laut, ada baiknya mengkonsumsi obat anti mabuk yang sudah banyak dijual di pasaran.

5. Hindari aroma yang tidak sedap

Sebisa mungkin untuk menghindari aroma tidak sedap di kapal. Untuk mencegah mabuk laut, hindari bau-bauan menyengat seperti bahan bakar kapal.

6. Jangan melakukan aktivitas berat dan membutuhkan konsentrasi yang tinggi

Aktivitas yang terlalu berat, seperti mengetik, merakit hingga membetulkan perangkat merupakan salah satu aktivitas yang kemungkinan daapt menyebabkan mabuk laut. Hindari melakukan aktivitas yang terlalu berat dan membutuhkan konsentrasi tinggi. Sebaliknya lakukanlah aktivitas ringan.

7. Hindari berada di area yang pengap

Melakukan perjalanan menggunakan kapal laut yang merupakan angkutan umum pastinya akan menemukan kondisi dimana salah satu area mengalami keramaian oleh penumpang. Kondisi yang terlalu banyak orang akan membuat kepala pusing dan kemungkinan akan menyebabkan mabuk laut. Oleh karena itu, hindarilah berada di area yang terlalu ramai dan mencari area yang lebih sedikit orang-orangnya.

8. Siapkan makanan kecil

Makan makanan ringan seperti snack yang tidak terlalu berbumbu, biskuit misalnya dalam porsi yang sedikit namun sering dapat mencegah datangnya rasa mual. Minum air putih dalam jumlah cukup juga akan membuat terasa labih baik.

9. Gunakan bahan herbal

Minuman jahe telah lama dipercaya dapat membantu mengurangi rasa mual dan pusing. Oleh karena itu, sebelum berpergian dengan kapal laut, disarankan minum minuman jahe atau makan permen jahe untuk mencegah terjadinya mabuk laut.

10. Hindari pandangan yang monoton

Menatap benda diam seperti dek kapal atau layar handphone akan memberikan kesan monoton yang jika terlalu lama akan menyebabkan mabuk laut. Untuk menghindarinya lebih baik menatap benda yang bergerak, seperti air laut, pergerakan awan atau melakukan sesuatu yang aktif.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya mabuk laut. Semoga tips yang telah disebutkan di atas dapat membantu anda yang akan melakukan perjalanan laut sehingga dapat terhindar dari mabuk laut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *