Tips Wisata Aman dan Nyaman di Madura

Melakukan perjalanan wisata adalah kegiatan yang sangat menyenangkan dan merupakan momen yang ditunggu-tunggu. Terlebih lagi jika melakukannya bersama orang-orang terdekat.

Namun terkadang ada sesuatu yang mengurangi kenyamanan di dalam perjalanan maupun di tempat wisata itu sendiri. Apabila perjalanan aman dan nyaman tentu liburan akan terasa lebih sempurna.

Begitu pula jika berwisata ke Pulau Madura. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar perjalanan menjadi terasa aman dan nyaman:

Mencari informasi destinasi wisata

Sebelum berangkat ke tempat tujuan, ada baiknya mencari informasi sebanyak dan sedetail mungkin. Informasi-informasi itu mengenai budaya setempat, kuliner hingga penginapan yang berada di sekitar tempat wisata yang akan dikunjungi. Hal ini beguna sebagai referensi dan pengetahuan kita, agar kita setidaknya tahu kondisi tempat tersebut.

Menentukan biaya perjalanan

Jika semua informasi dari tempat tujuan telah didapatkan, berikutnya adalah menyesuaikan budget perjalanan dengan anggaran atau kemampuan anda. Jangan sampai biaya yang dianggarkan untuk liburan membengkak melebihi anggaran yang telah ditentukan. Upayakan selalu membandingkan harga dari segi transportasi maupun penginapan.

Buat itinerary

Untuk mengoptimalkan waktu secara efektif dan efisien, baiknya membuat daftar kunjungan (itinerary) dengan menetukan destinasi tujuan, kegiatan selama liburan hingga perkiraan lama waktu liburan.

Membawa peta wisata

Benda ini sangat penting kegunaannya di saat berpergian sendiri atau tanpa menggunakan guide jika mengikuti travel agent. Peta wisata berfungsi sebagai petunjuk arah untuk mengetahui posisi kita sedang berada.

Selain itu untuk memudahkan kemana kita seharusnya berjalan yang juga dapat menghemat waktu dalam perjalanan.

Membawa bekal makanan dan minuman

Bawalah makanan ringan yang sehat dan air mineral yang banyak. Camilan sehat bisa berupa buah-buahan atau roti. Lebih baik lagi jika membawa bekal untuk makan siang agar tak perlu repot mencari makanan ketika di tempat wisata.

Selain itu, harga cenderung lebih mahal jika membeli di tempat wisata. Namun, pastikan tempat wisata yang dikunjungi memperbolehkan pengunjung membawa makanan dari luar.

Membawa dokumen pribadi

Mempersiapkan tanda pengenal seperti KTP sangatlah penting ketika berpergian, terutama SIM jika melakukan perjalanan dengan mengendarai kendaraan untuk berlibur. Tanda pengenal ini sangat membantu ketika melakukan pemesanan hotel atau menyewa kendaraan misalnya.

Bawa uang tunai secukupnya

Ketika berlibur ada baiknya untuk tidak membawa uang tunai secara berlebihan. Utamakan membawa uang secukupnya yang digunakan selama perjalanan. Namun bila dalam kondisi kekurangan, bisa mengambil uang di ATM.

Persiapkan obat pribadi

Ketika melakukan perjalanan kondisi kita jatuh sakit mungkin saja terjadi. Misalnya akibat kita salah makan atau karena kelelahan. Apabila hal itu terjadi, setidaknya kita dapat melakukan langkah antisipasi dengan meminum obat yang kita bawa.

Obat-obatan pribadi yang kita bawa bisa dangat berguna selama dalam perjalanan.

Untuk berwisata di Pulau Madura sendiri beberapa waktu lalu sempat tercemar dengan adanya kasus begal kejahatan, khususnya di daerah tempat wisata Bukit Jaddih. Untuk menghindari terjadinya hal tersebut ada beberapa hal yang disarankan.

Antara lain datang bersama-sama secara berkelompok, karena dengan datang berkelompok bisa bermanfaatan untuk saling menjaga satu sama lain. Lalu diharapkan tidak membawa barang berharga sebab kejahatan sendiri muncul karena ada kesempatan pada pelakunya. Atau jika ingin lebih merasa aman dapat menggunakan jasa tour travel, bahkan beberapa tour travel ada yang bekerja sama dengan pihak kepolisian.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan melakukan perjalanan wisata agar terasa aman dan nyaman. Semoga tips yang kami berikan dapat membantuk anda saat hendak melakukan perjalanan wisata, khususnya ketika berlibur ke Pulau Madura.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *