Wisata Bukit Tinggi Daramista di Sumenep

 

Di tengah trennya kegiatan traveling, di Pulau Madura mulai banyak destinasi wisata baru yang bermunculan, khususnya wisata alam.

Terlebih di kabupaten paling timur dari pulau yang terkenal dengan caroknya ini, yaitu Kabupaten Sumenep. Sebut saja pulau Gili Labak, pulau gili Genting, pulau gili Iyang, pantai Sapeken, pantai Saputen, dan lain-lain. Namun bukan destinasi wisata pantai atau pulau yang akan kita bahas, melainkan Bukit Tinggi Daramista.

Bukit Tinggi Daramista merupakan sebuah bukit yang syarat sekali dengan nuansa alam dan udaranya yang sangat sejuk. Bukit ini menyusul beberapa bukit lainnya di Pulau Madura yang telah lebih dulu menjadi pusat perhatian, diantaranya adalah Bukit Pelalangan Arosbaya dan Bukit Kapur Jaddih.

Destinasi wisata yang bisa dikatakan masih baru di Kabupaten Sumenep ini berada di sebuah desa bernama desa Daramista. Meskipun baru diresmikan September 2016 lalu dan masih dalam proses penyelesaian, bukit ini sudah mampu menarik banyak sekali pengunjung.

Bukit ini sangat cocok untuk tempat bersantai dan berlibur bersama keluarga, karena disana kita dapat melihat keindahan alam sumenep dari ketinggian. Di sekitar bukit terdapat gubuk kecil dan ada sebuah kolam ikan yang masih bernuansa bambu dan cukup menarik perhatian wisatawan.

Setiap akhir pekan, terutama pada sore hingga malam hari, bukit ini selalu ramai oleh wisatawan. Alasan wisatawan datang pada waktu sore hari, karena dari bukit itu dapat menikmati momen tenggelamnya matahari. Selain itu, momen matahari terbit juga dapat disaksikan pada pagi hari.

Selain memiliki pemandangan yang sangat indah, Bukit Tinggi Daramista ini juga bisa dikatakan bukit romantis. Ketika malam datang di sekitar bukit ada rangkaian lampu kecil berwarna-warni yang digantung di pohon. Wisatawan juga dapat melihat gemerlap lampu-lampu sebagian Kota Sumenep. Banyak pasangan muda mudi yang berkunjung ke bukit untuk menikmati romantisnya Bukit Tinggi Daramista di malam hari.

Di atas puncak bukit juga telah disediakan warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman. Untuk yang senang mengabadikan momen dan membagikannya pada sosial media tidak perlu khawatir, karena jaringan sinyal dan koneski internet disana cukup baik. Dengan pemandangan yang indah serta sejuknya suasana di Bukit Tinggi Daramista ini mampu membuat kita rindu untuk berkunjung kembali.

Dari pusat Kota Sumenep sekitar 30 menit perjalanan untuk bisa sampai disana. Bagi wisatawan yang berencana pergi kesana transportasi yang bisa digunakan sementara ini masih sepeda motor saja. Akses jalan menuju bukit ini menanjak dan berbatu, selain itu akan ada beberapa tikungan yang harus dilewati. Bila malam tiba akses jalan kesana masih gelap karena kurangnya fasilitas penerangan.

Walaupun begitu, hal tersebut tidak menyurutkan langkah wisatawan untuk bisa sampai ke atas bukit. Pemandangan yang menakjubkan dapat dinikmati wisatawan selama perjalanan menuju bukit. Setelah tiba di puncak bukit wisatawan akan melewati pos penjaga keamanan, disana wisatawan bisa menitipkan sepeda motor dengan membayar biaya Rp. 2000. Pengamanan di sekitar bukit cukup aman, sehingga tidak perlu khawatir ketika sepeda motor wisatawan tinggalkan.

Satu-satunya kendala untuk menuju ke bukit tinggi daramista ini adalah akses jalannya yang membutuhkan sedikit perjuangan. Jaraknya yang cukup jauh dengan jalan raya serta jalanan yang tidak rata memang layak mendapat perhatian khusus dari pihak terkait. Bagaimanapun juga keberadaan Bukit Tinggi Daramista ini menjadi magnet tersendiri untuk mendatangkan banyak wisatawan lokal maupun luar pulau Madura.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *