Wisata Hutan Mangrove di desa Labuhan Bangkalan

Hutan Mangrove bukan saja berfungsi untuk menjaga kelestarian bumi akan tetapi juga sudah menjadi salah satu wahana wisata edukasi dan pilihan untuk berlibur bagi para wisatawan. Dan akhir-akhir ini banyak sekali tempat yang tersebar di seluruh daerah yang ada di Indonesia yang menyediakan wisata Hutan Mangrove. Dan salah satu wisata Hutan Mangrove yang saat ini sedang hits dikunjungi oleh para wisatawan yaitu Wisata Hutan Mangrove yang ada di Madura.

Madura tidak henti-hentinya memberikan berbagai macam jenis wisata yang sangat mengagumkan mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata edukasi dan salah satu wisata edukasi yang sangat mengasyikkan bagi keluarga, teman, atau dengan pasangan yaitu wisata Hutan Mangrove yang ada di Madura, tepatnya yaitu berada di Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan.

Wisata Edukasi Hutan Mangrove Labuhan ini terletak di desa Labuhan Kecamatan Sepulu.  Kawasan Hutan Mangrove Labuhan ini sebenarnya merupakan bekas kawasan tambak yang diubah menjadi area konservasi Mangrove. Lalu dikembangkan menjadi Taman Pendidikan Mangrove oleh kelompok Tani Mangrove yang bernama “Cemara Sejahtera” .

Objek wisata atau taman edukasi pastinya aka nada banyak hal yang bisa kalian temui saat berkunjung ke sana, bukan hanya itu saja pengelola teman edukasi Hutan Mangrove Labuhan ini juga sudah mempersiapkan banyak sekali kegiatan positif serta menyenangkan yang berhubungan langsung dengan Hutan Mangrove dan ekosistem yang ada disekitarnya.

Berikut kegiatan yang bisa dilakukan jika berkunjung ke Wisata Hutan Mangrove yang ada di Madura:

1. Jelajah Konservasi Mangrove

Bagi kalian yang ingin melihat Hutan Mangrove lebih dekat dan ingin sekali mengetahui semua hal mengenai Hutan Mangrove dapat mengikuti kegiatan ini. Disini akan banyak sekali kegiatan seru seperti jelajah hutan, mengenal pembibitan serta penanaman Mangrove atau cemara laut, dan juga bisa melihat flora dan fauna yang dilindungi.

Durasi kegiatan ini sendiri mulai dari jam 08.00 – 16.00 WIB dan kalian dapat membayar tiketnya cukup dengan 35.000 saja per orang. Dan dengan harga 35.000 sudah bisa mendapatkan fasilitas berupa trainer, peralatan pembibitan serta mendapat makan siang juga.

2. Jelajah Konservasi Mangrove dan Adopsi Cemara Hutan

Nah berbeda dengan kegiatan yang pertama tadi, dimana pada paket wisata ini dibuat lebih sedikit kegiatan tetapi tetap adan hubungannya dengan hutan Mangrove. Seperti pembibitan serta penanaman Mangrove, Jelajah Trekking, adopsi cemara laut serta fun game.

Durasi kegiatan ini sendiri mulai dari jam 08.00 – 16.00 WIB dan kalian dapat membayar tiketnya cukup dengan 40.000 saja per orang. Dan dengan harga 40.000 sudah bisa mendapatkan fasilitas berupa trainer, peralatan pembibitan serta mendapat makan siang juga.

3. Mangrove

Kemudian bagi kalian yang hobi berpetualang sambil camping rasanya pilihan kegiatan Manrove Camp ini sangat cocok sekali. Fun camping sambil menjelajahi hutan untuk mengenal berbagai jenis Mangrove dan satwa liar yang ada disana, lalu juga membuat herbarium Mangrove, pembibitan serta menanam Mangrove sambil diskusi dan bermain Fun Game bersama tim yang sudah dibentuk. Serta ada juga Night Safari untuk kalian yang  menyukai tantangan selain itu juga ada trekking yang pastinya sangat asyik dan menyenangkan.

Durasi dari kegiatan ini sendiri yaitu selama dua hari satu malam, dengan biaya sebesar 80.000 per orang, dengan fasilitas berupa trainer, peralatan fish trap, serta bibit mangrove dan juga sudah termasuk makan 3x.

4. Ayo Petik Pepayamu

Selain dari kegiatan diatas ada juga kegiatan yang mungkin sangat cocok untuk dilakukan bersama buah hati anda, apalagi kegiatan petik papaya ini sangat dipenuhi dengan edukasi, seperti fun game, mewarnai Mangrove, belajar bertani(memetik buah papaya) serta ada juga berternak di sektiar Hutan Mangrove, seperti memberi makan kambing dengan daun Mangrove serta bisa mengenal lebih dekat fauna yang ada di Hutan Mangrove.

Durasi dari kegiatan ini sendiri yaitu mulai dari 08.00 – 15.00 dengan biaya sebesar 25.000 saja buah hati anda sudah bisa belajar berkebun buah papaya dan bisa mendapatkan fasilitas berupa trainer, kertas gambar serta mendapatkan satu buah papaya.

Wah bagaimana sangat mengasyikkan bukan ada banyak kegiatan yang bisa kalian lakukan ketika berada di Hutan Mangrove Labuhan Madura ini, jadi ayo buruan ajak keluarga, teman, atau pasangan anda untuk berkunjung ke Wisata Hutan Mangrove di desa Labuhan Bangkalan ini dijamin perjalanan wisata anda pasti akan menyenangkan dan mengasyikkan tentunya.

Dan sedikit informasi saja bagi kalian yang berada di luar Pulau Madura dan ingin berkunjung ke Wisata Hutan Mangrove yang ada di Madura, tetapi di dalam perjalanan bingung untuk mencari tempat penginapan untuk keluarga, teman, atau pasangan anda, ada beberapa hotel yang ada di Surabaya yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Jembatan Suramadu sebelum menuju ke Madura, dan harganya juga cukup murah.

Berikut beberapa rekomendasi hotel yang ada di Surabaya yang harganya sangat cocok bagi anda:

Hotel Ibis Surabaya

Hotal Oval Surabaya

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *