Wisata Waduk Klampis di Kedundung

Waduk Klampis di Sampang adalah salah satu destinasi wisata yang terletak di Desa Kramat, Kecamatan Kedundung, kurang lebih 9 km ke arah utara Kota Sampang. Obyek wisata Waduk Klampis digunakan untuk irigasi sawah di Kabupaten Sampang terutama di Kecamatan Kedundung, Torjun, Jrengik dan Sampang.

Selain berfungsi sebagai irigasi, Waduk Klampis juga digunakan untuk budidaya ikan air tawar, diantaranya adalah ikan mujaer, gurami, udang dan jenis ikan tawar lainnya.

Destinasi wisata Waduk Klampis adalah tempat wisata yang cukup ramai baik pada hari biasa maupun pada saat liburan. Terutama pada saat hari besar agama dan liburan sekolah. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas sehari-hari.

Penduduk lokal daerah sekitar waduk klampis juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Wisatawan yang berkunjung akan disuguhi oleh pemandangan yang menarik area pematang sawah dan aliran irigasi yang teratur serta petani setempat yang sedang bercocok tanam padi.

Setiap sudut mata memandang, hanya ada keindahan akan Waduk Klampis. Pepohonan yang rimbun nan hijau menyelimuti bukit di sekitar waduk yang menambah kesejukan mata. Maka tak heran, banyak wisatawan yang betah berlama-lama menikmati suasana di sekitar waduk klampis ini.

Keindahannya yang masih alami merupakan hal yang membedakan waduk klampis dengan waduk lainnya. Kealamian waduk klampis layaknya tak tersentuh tangan manusia. Hal itulah yang menjadikan ciri khas bagi tempat ini.

Fasilitas penunjang wisatawan di waduk klampis pun terbilang cukup lengkap. Mulai dari area parkir kendaraan yang memadai, kamar mandi hingga mushola bagi wisatawan muslim yang akan menunaikan ibadah shalat.

Wisatawan juga dapat menyewa perahu motor apabila ingin berwisata air. Untuk yang senang memancing juga bisa menyalurkan hobinya di Waduk Klampis, karena disana terdapat spot untuk memancing ikan.

Selain itu terdapat juga warung-warung yang menjual makanan dan minuman yang bisa wisatawan hampiri apabila perut lapar setelah puas jalan-jalan di Waduk Klampis.

Untuk menuju lokasi Waduk Klampis ini bagi wisatawan lokal asal kota Sampang mungkin tidak akan bingung lagi. Namun bagi wisatawan luar kota maupun luar Pulau Madura yang ingin berwisata ke sana tidak perlu khawatir. Akses jalan menuju lokasi wisata ini sudah memadai, jalannya sudah beraspal dengan kondisi yang bagus.


Transportasi paling mudah untuk menuju lokasi tentunya menggunakan kendaraan pribadi, baik itu kendaraan roda dua (sepeda motor) maupun kendaraan roda empat (mobil). Akan tetapi jika wisatawan memakai transportasi umum tidak perlu khawatir.

Apabila wisatawan berasal dari luar Kota Sampang, wisatawan bisa menuju Terminal Kota Sampang. Setelah itu wisatawan melanjutkan dengan menggunakan ojek untuk menuju Waduk Klampis.

Dengan kondisi alam yang masih alami serta fasilitasnya yang cukup lengkap, wisatawan disarankan untuk mengunjungi destinasi wisata Waduk Klampis khususnya saat musim penghujan. Dimana debit air waduk ini mencapai volume yang maksimal, sehingga terlihat keindahan aliran air waduknya yang deras.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *